Kamis, 02 Mei 2013

MERENCANAKAN JENIS KELAMIN ANAK (4) BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KESUBURAN PRIA ?


CARA MENGETAHUI KESUBURAN PRIA

Tidak setiap hubungan intim yang dilakukan suami istri bisa membuahkan kehamilan. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan dari sperma seorang pria. Bila masalah tersebut dialami oleh seorang pria, sebaiknya ia melakukan tes kesuburan secara medis atau berkonsultasi pada dokter ahli.
Tingkat kesuburan seorang pria bisa diukur dan dilakukan dengan cara memeriksa dan menganalisis spermanya, baik secara langsung atau menggunakan mikroskop. Analisis sperma menghasilkan parameter yang meliputi volume, pH, bau, warna, jumlah sel spermatozoa per milliliter, gerakan dan bentuk spermatozoa.
Parameter sperma normal berdasarkan hasil laboratorium, sebagai berikut.
-          Volume : 2 ml atau lebih
-          pH keasaman : 7,2 – 8
-          Bau : khas
-          Warna : kelabu pucat
-          Konsentrasi : 20 juta per milliliter
-          Gerakan : sebesar 50% atau lebih cenderung bergerak ke depan
-          Bentuk : sebesar 30% atau lebih normal


Apabila hasil analisis pada sperma pria di luar parameter normal tersebut, maka dianggap tidak normal. Sperma tidak normal berarti kesuburannya juga terganggu sehingga kemungkinan untuk memiliki keturunan menjadi kecil bahkan tidak bisa.
Namun, tidak demikian halnya pada diri seorang wanita. Walaupun mampu menghasilkan sel telur, bukan berarti ia bisa hamil. Karena belum tentu system reproduksi yang lainnya juga normal. Pertama, saluran telurnya harus normal agar sel telur yang telah dikeluarkan dari indung telur dapat masuk ke dalam rahim. Selanjutnya, walaupun kedua saluran telur norma tetapi kalau rahimnya terganggu, maka kehamilan juga terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...