Rabu, 17 April 2013

ANATOMI ALAT-ALAT KANDUNGAN





Anatomi Alat-alat Kandungan
Alat kandungan di bagi atas 2 bagian:
1.      Alat kandungan luar (genitalia eksterna)
2.      Alat kandungan dalam (genitalia interna)

ALAT KANDUNGAN LUAR
Alat kandungan luar dalam arti sempit adalah alat kandungan yang dapat dilihat dari luar bila wanita dalam posisi litotomi. Fungsi alat kandungan luar dikhususkan untuk kopulasi (koitus).
Mons veneris ialah daerah yang menggunung di atas simfisis, yang akan ditumbuhi rambut kemaluan (pubes) apabila wanita berangkat dewasa. Pada wanita, rambut ini tumbuh membentuk sudut lengkung sedangkan pada pria membentuk sudut runcing ke atas.
Bibir besar kemaluan (labia majora) berada pada bagian kanan dan kiri, berbentuk lonjong, yang pada wanit amenjelang dewasa ditumbuhi juga oleh pubes lanjutan dari mons veneris.
Bibir kecil kemaluan (labia minora) ialah bagian dalam dari bibir besar yang berwarna merah jambu. Disini dijumpai frenulum klitoris, preputium, dan frenulum pudenti.
Klentit (klitoris) identik dengan penis pada pria, kira-kira sebesar kacang hijau sampai cabe rawit dan ditutupi oleh frenulum klitoris. Glans klitoris berisi jaringan yang dapat berereksi, sifatnya amat sensitive karena banyak yang memiliki serabut saraf.
Vulva adalah bagian alat kandungan luar yang berbentuk lonjong, berukuran panjang mulai dari klitoris, kanan kiri dibatasi bibir kecil, sampai ke belakang dibatasi perineum.



-          Gambar alat kandungan luar  -

Vestibulum terletak di bawah selaput lendir vulva, terdiri dari bulbus vestibule kanan dan kiri. Di sini dijumpai kelenjar vestibule major (kelenjar Bartholini) dan kelenjar vestibulum minor.
Introitus vagina adalah pintu masuk ke vagina.
Selaput dara (hymen) merupakan selaput yang menutupi introitus vagina. Biasanya berlubang membentuk semilunaris, anularis, tapisan, septata, atau fimbria. Bila tidak berlubang disebut atreis himenalis atau hymen imperforate. Hymen akan robek pada koitus apalagi setelah bersalin. Sisanya disebut kurunkula hymen atau sisa hymen.
Lubang kemih (orifisium uretra eksterna) adalah tempat keluarnya air kemih yang terletak di bawah klitoris. Di sekitar lubang kemih bagian kiri dan kanan didapati lubang kelenjar skene.
Perineum terletak diantara vulva dan anus.




-          Gambar alat kandungan dalam – 


-          Gambar vagina, uterus, tuba dan ovarium-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...