Minggu, 07 Januari 2018

BINGUNG PUTING? YUK, SHARING!





Buibukkk... apakah babynya lagi bingung puting? Yang ditandai dengan, (1) gak mau menyusui langsung dari puting. Alias nolak mentah-mentah puting emaknya, (2) kalau disodorin puting, doi nangis-nangis udah kayak dicubitin Gorilla, (3) rewelnya kan maenn -__-

"Sedikit penjelasan mengapa bayi mengalami bingung puting. Karena saat bayi sudah terbiasa akan tekstur botol dot (yang sebenernya bayi gak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk minum dari botol dot) kemudian dia ketemu sama puting yang terksturnya lebih lembut (tetapi membutuhkan banyak tenaga untuk menghisap) maka bayi akan shock yang ditandai dengan menangis. Yaaaa... gini aja, deh. Kita aja kalau udah nyaman ama sesuatu, terus dikasih yang beda 180 derajat, pasti shock! hohoh... try to unsderstand your baby".
Keadaan kayak gitu beneran bikin emaknya stress, yekan? Bikin merasa gak guna jadi emak, trus sedih banget, lah, anaknya gak mau netek ke emaknya T_T huhuhuhu
Jatohnya?  ASI seret jadi ancaman pertama kalo emaknya STRESS! Hiks!!
Dan akupun, sebagai buteki (ibu meneteki) yang pernah menggunakan botol dot untuk memberikan ASI, pernah merasakan bayiku bingung puting. Sedihnya bukan maen.
Jadi ceritanya, aku tuh emang suka ngasih ASI lewat botol dot dari dia bayi. Tapi di seling-seling (dari sananya, mah, antisipasi bingung puting =)))) hahahha) Ya Alhamdulillah, selama konsisten selang-seling, bayiku gak pernah bingung puting. Saaaaaaaampai pada suatu hari, aku sakit. Demam, sampai ASI-ku berubah jadi putih kekuningan agak keijoan gitu. Hahaha... gitulah pokoknya, gausah dibayangin ((krayyy)) Im not sure to give it to my baby. Jadinya sebagian dibuang, deh. Ih, sayang bangeeeettttt!!! Yamogimanalagiiiii... Terus, ya, udah mah demam, besoknya hari H aku wisuda. Duh, ada kali, dua harian bayi aku gak nyentuh puting. Full via dot. Pas sorenya, aku udah gak begitu demam. Dengan semangat djoeang, aku kasih ASI lewat puting lagi, dong. eh, si bayinya malah nangis kejer. Mana itu lagi di mobil. Huft! Mau gak mau emaknya dicuekin lagi. Besoknya tetep gitu, tiap dikasih puting, doinya nangis kejer-kejer udah kayak dicubitin emaknya. Padahal dianya dalam keadaan haus, tuh. Tetep aja gengsi buat nyedot langsung. Hih! Sempet stress banget, udah mikir aneh-aneh aja. Bayiku baru aja berusia 2 bulan, apakah aku sanggup ngasih ASI 4 bulan kedepan dengan keadaan harus pumping terus-menerus? Ihh... mikirinnya aja udah stress banget, apalagi ngejalaninnya. Beneran stress, sampai-sampai hasil pumping gak sampai 200cc. Ya belom lagi si bayik nangis-nangis kehausan karena mimik ASInya kurang. Yawlooohhh... Pengen ngeluh, pengen nangis aja, pengen nyerah aja dari perjuangan ASI Ekslusif =(((( Dan kayaknya itu si devil in my head beneran bisikin aku untuk kasih si bayi susu formula. Heuheu... Gak! Gak! Gak!. Kalau harus dikasih sufor aku beneran ngga tega, kasihan banget anak pertamaku gagal dikasih ASI ekslusif. Huhu... Yaudah, smanget! Gak boleh ngeluh, gak boleh nyerah!. Meskipun hasil pumpingnya sedikit sampai putingnya lecet, tetep aku pumping. Nah, besoknya pas dia baru banget bangun pagi karena kehausan minta susu, (kira-kira hari ke-3 bayiku bingung puting) ku tetap pantang menyerah untuk nyodorin puting ini ke si bayik. Aaaahhh!!!! Surprisingly!!!! Si bayik mau netek, dong!!!! Tapi gak lama dia nangis kejer lagi >,< hahahah. And i got super big OOOOOOO... I seeeeeeeeeeeee!!! Jadi aku menyimpulkan, barusan dia mau netek ke puting karena dia belum sadar betul kalau dia netek ke puting. Mungkin nyawanya belom kumpul semua. Hihihi... Terus, gak lama dia nangis kejer kan? Itu mungkin karena dia sadar kalau ternyata dia netek ke puting. Hahahhahah... Kena, deh!!. Yampunn... untung aku gak nyerah. Dengan sedikit bantuan ini aku jadi semanget lagi untuk terus pertahanin ASI ekslusif. Kesana-sananya, setiap dia belum sadar dari bangun tidur, terus-terusan aku kasih puting. Kalau dia melek tetep aku kasih lewat botol dot. Tapi kalau dia kehausan ditengah tidur, biasanya aku kasih puting aja. Sehari masih sering dibantu botol dot, dua hari udah mulai jarang, tiga hari udah jarang banget dibantu botol dot, empat hari mungkin satu atau dua kali pakai botol dot, hari ke lima aku udah bye bye sama botol dot. Alhamdulillah wa syukurillah, my baby is getting back breastfeeding from my nipple everytime. Hampir gak pernah pakai botol dot lagi. Heheheh... rada trauma sama botol dot, takut dianya bingung puting lagi. Tapi, kalau pergi-pergian masih sedia botol dot, sih. Masih tetep pumping ASI dan simpen di freezer. Hanya saja kalau dirumah udah gak pernah pakai botol dot lagi. Alhamdulillah, aku bisa ngasih ASI sampai 2 tahun. Setidaknya, itu adalah haknya anak mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun.
Yup! Begitulah, cerita bayiku yang sempat bingung puting. Yang kukira kalau bayi sudah bingung puting ngga akan bisa kembali netek di puting. Ternyata aku salah besar! Selama ada usaha untuk kembali, pasti akan ada hasilnya.
Semoga pengalamanku ini bisa membantu mommies yang baby nya lagi bingung puting. Bila ceritanya masih kurang jelas, boleh komentar atau kirim email langsung, ya. Buat mommies yang punya pengalaman lain bagaimana mengatasi bingung puting, boleh sharing, ya. Setiap bayi memang berbeda keadaan, begitupula setiap mommies pasti memiliki cara unik tersendiri untuk merawat anaknya.
Semanget, mommies!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...