Senin, 22 Januari 2018

BERSYUKUR, YUK!

BERSYUKUR

Apa itu bersyukur? Kamu suka bersyukur? Sudahkah anda bersyukur hari ini? Kebanyakan the people kalau bersyukur biasanya itu abis dapet rezeki nomplok! And they will said “Terimakasih Ya Allah atas rezeki-Mu hari ini, atas karunia-Mu yang tidak terhitung ini”. Hihihih... Alhamdulilah kalau masih ingat bersyukur tatkala sang Maha Pengasih sedang bermurah hati. Soalnya ada juga, lho, the people yang kalau sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang sedang bermurah hati, bukannya bersyukur tapi malah ngeluh. “Hah? Serius ada?” Iya, ada! Itu namanya the people yang gak tau diri -_- Gak tau tanda terimakasih -_- Contohnya mah banyak banget, sadar gak sadar sering kita temui di kehidupan sehari-hari.
Tidak perlu dijelaskan secara rinci apa itu bersyukur, semua tahu apa itu bersyukur. “Anak balita tau emang, sis?” Hahahahahhahah !!! Auk, ah!!!
Eh, tapi buat aku, bersyukur itu adalah ...

Bersyukur buat aku, ngga melulu saat sedang atau baru saja mendapatkan rezeki, kebahagiaan, dll. Tapi, dalam keadaan sedih, terpuruk, terkena musibah, sedang diberikan ujian dan cobaan, aku harus tetap bersyukur. HARUS! Mengapa? Karena dengan selalu bersyukur di setiap keadaan, aku tidak pernah benar-benar berada di keadaan tersulit. Sekalipun aku dalam keadaan sulit, aku berusaha agar tetap positive thingking diatas kesulitan. Dengan punya mind set seperti itu, gak ada celah buat aku untuk mengeluh. 

Jadi, selalu bersyukur dalam keadaan apapun adalah kunci buat aku, agar hari-hari yang aku jalani tidak terasa berat. Juga, aku selalu meminimalisir perasaan ‘ingin mengeluh’. “Beneran gak pengen ngeluh, nih?” Ngga, juga, sih. Setiap ada kesulitan, siapa juga yang ngga refleks ‘ngedumel’. Hihihi.. Tapi, kalau keinginan mengeluh ini ngga di stop, akan berujung mengeluh sepanjang hari. Tanda gejalanya? Males menjalani hari-hari, badmood, mood swing, tidak semangat, negative thinking is ON, etc. Efeknya? Pekerjaan tidak akan maksimal. Haaaaaaaaaahhh.... it’s a big NO for me. I have no time for it.

Ku maklumi diri ini jika aku ngedumel secara refleks. Tapi, aku gak akan biarin diri ini mengeluh sepanjang hari. Caranya? Ya di ganti dengan bersyukur. “Lha, dalam keadaan sulit gini apa yang mau di syukuri? Mikir jernih aja kayaknya susah”. Ya, memang. Tapi aku mikir lagi, kalau aku ngelakuin hal-hal yang (udah aku bold) diatas, manfaatnya apa buat aku? Apa dengan mengeluh sepanjang hari keadaan bakalan berputar 180 derajat? NGGAK, KAN?! Apalagi ditambah nyalah-nyalahin orang. Beuw... cuman nyakitin diri dan bikin dada ini makin sesek aja, kayaknya >.< Nah, kalau udah tahu jawabannya? Ada manfaatnya, gak? Buat aku, sih, ngga ada manfaatnya. Jadi, buat apa aku habisin sepanjang hari untuk mengeluh? Mending aku pakai buat bersyukur.
Seminimal-minimalnya bersyukur, aku bersyukur masih diberikan nafas gratis, bersyukur hari ini aku masih bisa makan-minum, bersyukur masih bisa melihat orang-orang yang aku sayangi, dll. “Sepele banget bersyukurnya”. Dih! Ngeseliiinnnnnnnn, woy!!!

Karena bersyukur kayak gitu beneran rasa syukur yang suka di lupain sama the people. Bisa bayangkan gimana rasanya tiduran di Rumah Sakit yang nafas aja mesti dibantu sama tabung gas? Itu namanya bernafas pake bayar! “Bentar, mikir dulu nafas dibantu tabung gas. Gue mesti mangku-mangku tabung gas, gitu?”. Bodo amat!! Bisa bayangin juga sama mereka-mereka yang makan aja mesti ngemis-ngemis dulu? Yang dimana, kita mah makan tinggal leuuppp!!!. Terus, bisa bayangin juga apabila kita ditinggalin sama salah satu orang yang kita sayangi? Udahlah, itu mah gausah dijelasin gimana rasanya kehilangan dan sakit hati. Makanya, selama masih diberi kesempatan untuk bertemu setiap waktu, kenapa ngga di syukuri. Gitu, lho. Udah ngerti, kenapa hal sepele aja mesti di syukuri? Bener banget, cuy! Jadi bersyukur itu ngga melulu kalau lagi seneng aja. Lagi sedih pun, seharusnya masih bisa bersyukur. Dengan bersyukur, bawaannya positive thingking terus, kalau ada kesulitan ngga akan merasa diri terpuruk, hari-hari akan berjalan baik seperti biasanya, dll. Mengeluh saat mendapatkan masalah adalah hal yang wajar, tapi sebisa mungkin aku me-manage pikiran aku sendiri, jangan sampai mengeluh ini mempengaruhi hari-hari yang akan aku jalani. Karena (sedikit-banyak) efeknya bisa ngerugiin orang lain. “Contohnya, sis?” Bentar, mikir dulu! Hahahahhahha *toyorrrrrrrrr* Oke! Oke! Oke! Ini mah berdasarkan pengalaman eyke aja ya, cyin... Orang kalau lagi banyak masalah, stress, bawaannya pasti badmood atau mood swing, kan, ya? Tanda gejala orang lagi badmood, biasanya mukanya ngelipet-lipet, manyun, muka bete gitu, lah. Kebayang, dong, kalau ini terjadi sama dosen yang pada hari tersebut akan menjadi penguji praktek dengan beberapa mahasiswa? OMG, OH! NO!!! Bisa bayangin? Salah dikit langsung jepretttt!! Bisa bayangin? Salah dikit langsung bilang “Udah! Udahan aja ujiannya! Besok aja kamu di remed!!” Hhhhuuuuuhuhuhuhuhuuuu.... Bisa aja bukan karena mahasiswa nya yang ngga kompeten, tapi si mahasiswa jadi jiper karena dosennya yang sensi pada saat itu. “Trus, kerugiannya dimana, sis?” Yeeeee!!! Ya keleuss, ujian remedial gak paka bayar lagi? Rugi gak kalau bayar double? Rugi, Cyin!!. Okelah, mungkin itu salah satu contoh yang tidak mumpuni, tapi semoga bisa dimengerti. Hahahhaha XD.

Nah, iya banget. Bagaimanapun situasi yang kita lewatin, baik itu senang ataupun sedih, entah itu baik atau buruk, mau mudah ataupun sulit, percayalah, itu semua sudah diatur oleh-Nya. Tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Sesedih apapun itu, seburuk apapun itu, sesulit apapun itu, pasti Allah menyelipkan kebaikan, kemudahan diantaranya. baik yang aku sadari dan yang ngga aku sadari. Aku ulangin lagi, ya, kalau aku lebih banyak bersyukur, hati ini ngga pernah merasa bimbang, bawaannya woles, hari-hariku gak dipenuhin untuk mikirin yang ngga-ngga, yang pasti bawaannya lebih happy. Entah emang aku orangnya woles dari lahir. Hahahah
Dan akupun masih takut suatu hari nanti dimana aku menemukan kesulitan yang teramat sangat besar, aku lupa untuk bersyukur dan tenggelam dalam kelam. Tsaahhh!!!! Iya, makanya dari itu, akupun bener-bener belajar dari masalah kecil yang aku dapatkan, kok.
Yang pertama dilakukan adalah, 

kita dapat menguasi pikiran sendiri. Jangan sampai pikiran kita lebih dikuasain sama emosi. “Gak gampang, cuy!” Ya makanya, belajar dari mengontrol pikiran mulai dari menghadapi masalah kecil dulu. “Trus gimana caranya kita tahu kalau kita udah bisa mengontrol emosi?”. Sebenernya, cuman diri kita sendiri yang tahu. Aku sih, waktu itu coba mengevaluasi, saat mendapatkan masalah, perasaan dan pikiran seperti apa yang paling ngga aku sukai. Dan aku paling ngga suka dengan keadaan dimana aku merasa badmood sepanjang hari, dan pikiranku bawaannya selalu mikirin hal-hal yang gak ngenakin hati, pikiran abis di forsir sama mikirin masalah yang gak ada ujungnya karena aku gak nemuin solusi, trus jadi mikirin hal-hal yang buruk-buruk yang mungkin menimpa, negative thinking mah is so pasti so yes, ya. Sangat berefek ke pekerjaan sehari-hari. Dimana aku jadi males ngapa-ngapain, kurang semanget, banyak kerjaan yang terbengkalai karena maunya tuh leyeh-leyeh mulu. Terus ya, dari situ aku mulai kontrol pikiran.
Kedua. 

Menghempaskan pikiran dari mikirin hal-hal buruk, aku ganti dengan mikirin hal-hal yang bikin aku seneng, dengan mikirinnya aja aku udah merasa seneng, gitu. Apalagi mikirin rencana untuk mewujudkannya. Hihihi... ya, mimpi dulu gitu apa salahnya :P
KetigaTrying to clear the problem. Nyelesein masalah ya mesti dalam keadaan pikiran jernih, ya. Tapi kalau aku masih belum bisa nemuin solusi dari masalahnya. Yaudah, ngga akan maksa diri ini untuk cepet nemuin solusi. 
Aku selalu berusaha nemu-nemuin quotes yang bisa menjadi penyemangat. Trus nenang-nenangin diri sendiri, dengan cara; (1) Bahwa bukan aku aja yang punya masalah, (2) Masalah yang aku hadapin gak ada apa-apanya dibanding mereka yang lagi di pengadilan, misalnya(?), (3) Ku percaya,  setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan. Jadi kalau lagi punya masalah dan pelik banget, inget-inget senengnya aja dulu aku maaaaahhhh. Hahahahah
Keempat. Sekuat tenaga untuk ngga posting apapun rasa sedih di media sosial. 


“Susah, beb medsos udah kayak temen yang paling mengerti aku. Saat seneng dan sedih, cuman medsos tempatku mengadu ☹”. Hmmm... Dulu-dulu, jaman aku masih alayers, ya. Apapun pasti aku posting. Gak mikirin apakah itu postingan malu-maluin diri sendiri apa ngga, itu bodo amat, yang penting bisa ngeluapin apa yang dirasakan di medsos!. But, someone just ask me something “Kamu posting-posting masalah sendiri, mengeluh gini gitu, ngga malu? Ngga merasa udah buka aib sendiri? Minta dikasihanin banget sama orang?” OMG!!! That’s super JLEEBBBBBBBBBBBB in my heart!!! Dari situ ya, apapun yang aku posting itu pasti hal-hal yang nyenengin. Jauh-jauh dari mengeluh, jauh-jauh dari ngomongin masalah sendiri, jauh-jauh dari curhat yang sedih-sedih. Kalau aku lagi sedih, jangan sampai aku kasihan sama diri sendiri, apalagi ampe aku dikasihanin sama orang. NO! NO! NO! Misalnya, ya. Aku bikin status gini, “Satnite. Aku ngga di apelin sama si bebeb :(“. Ya padahal buat aku itu postingan sepele banget. Tapi apa kata orang kepo? Apa kata orang yang suka sama kita? Kalau bahasa kekinian mah, haters. Pasti komennya gini “Hahha. Kasihan banget” “Hihihi, emang enak dicuekin!” “Waahh... Si bebebnya pasti mampir ke rumah cewe lain, tuh” “Udah, cari bebeb yang lain aja”. Nah, lhoooooo... Untung ya, kita ngga denger apa yang mereka omongin dalem ati mreka. Coba kedengeran ampe telinga? Emang enak dapet komen begituan? Emang enak dikasihanin?. Ya mending kalau kita curhat kayak gitu bakalan merubah keadaan, misalnya abis posting begitu si bebebnya peka dan langsung dateng ke rumah. Ngga, kan? Yang ada malah nyebabin huru hara. Yaaa... Begitulah, guys, medsos hari gini. Banyak haters nya >.<  Jadi, mesti pinter-pinter pilih apa yang akan kita posting, dan lebih bijak dalam menerima informasi, jangan sampai terpedaya HOAX.
Yampun... panjang banget curhatannya :O.
Dah, ah. Segitu dulu aja mungkin, ya. Nanti kalau memang ada tambahan bakalan aku update.
Okay, the people! Semoga thread ini bermanfaat, ya. Maaf bila ada salah-salah kata. Maaf bila bahasanya alay, maaf bila kurang berkenan. Karena sesungguhnya aku hanyalah seonggok manusia yang mesti masih banyak belajar. Hohohoh...
Yuk, mulai dari sekarang, kurangin mengeluh dan perbanyak bersyukur ^^



semua gambar aku ambil dari Pinterest :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...