Selasa, 20 Mei 2014

TIPS MENGATASI STRES PADA SAAT HAMIL



 





Ingat bahwa stress selama kehamilan hanya akan berpengaruh buruk bagi anda dan bayi anda. Tetapi, anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi stress ini. Yang terpenting berusahalah untuk melindungi anda dan juga bayi anda dari pengaruh buruk akibat stress.
1.     Selidik penyebab stress
Cobalah untuk mencari tahu apakah penyebab stress anda itu. Apakah berhubungan dengan personal anda, berhubungan dengan pekerjaan anda atau lainnya. Kemudian carilah jalan keluar yang efektif untuk dapat mengatasi dan menghadapinya.
2.     Diet makan yang baik
Bila kita sehat dan fit, kita akan dapat mengatasi stress dengan cara lebih baik. Untuk itu anda harus tetap menjaga diet makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan lakukanlah olahraga teratur yang akan membantu anda untuk tetap fit.
3.     Olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga selama kehamilan bukan saja membuat badan sehat dan fit, tetapi juga nenbuat jiwa yang sehat.
4.     Hindari kebiasaan yang tak baik karena faktor emosional
Carilah alternative lainnya bila anda menjadi sangat ingin merokok atau mengkonsumsi alkohol. Cobalah alihkan dengan berolahraga, mengobrol dengan teman/keluarga, bernyanyi, mengunyah permen karet, atau makan buah-buahan. Anda juga bisa melakukan sesuatu untuk mengalihkan keinginan anda yang dapat membahayakan bayi anda ini.
5.     Komunikasi
Isolasi sosial dan rasa sendirian membuat anda lebih sulit untuk menghadapi kesulitan dan kesedihan. Binalah hubungan emosional yang baik dengan pasangan, keluarga dan  teman-teman anda. Komunikasi/hubungan emosional yang baik akan membantu anda menghadapi kesulitan dan kesedihan karena adanya dukungan dari pasangan, keluarga dan teman anda.
6.     Mengikuti aktivitas
Meditasi, yoga, dan pijatan akan membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot anda. Menurut riset, aktivitas-aktivitas ini terbukti memengaruhi reaksi tubuh terhadap stress dengan menurunkan hormone stress dan memperlambat detak jantung.
7.     Istirahat yang nyaman
Berbaringlah pada satu sisi (dianjurkan sisi kiri), di kamar yang sepi, mendengarkan musik yang lembut, dan bayangkan diri anda berada di tempat yang paling anda sukai, misalnya di pantai, di taman dan lain-lain.
8.     Bicarakan dengan dokter
Anda dapat membicarakan perasaan dan keluhan anda kepada dokter. Jangan pernah ragu dan malu untuk menyampaikan perasaan dan keluhan anda kepada doter. Dokter akan menilai apakah anda memerlukan pengobatan atau tidak. Bila perlu dapat konsultasikan keluhan anda ke dokter psikiatri, sehingga dapat dilakukan tindakan pengatasan secepat dan sebaik mungkin.
9.     Berusahalah untuk menjadikan hari-hari yang indah dan ceria selama kehamilan anda. Masa kehamilan akan memberi pengalaman indah yang tak terlupakan buat anda dan pasangan.

Sumber:
Zakeeya Elina. 2010. Panduan Lengkap Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kandungan. Araska. Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...