Selasa, 04 Maret 2014

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN WANITA DAN PRIA



Hal-hal yang Harus Diperhatikan Wanita dan Pria

Hal- hal yang Harus Diperhatikan Wanita

Kehamilan adalah sebuah anugerah, tetapi tidak semua wanita bisa segera memperoleh kehamilan walaupun mereka telah melakukan hubungan intim. Banyak faktor yang menghambat kehamilan, baik secara fisik maupun psikis. Agar bisa memperoleh kehamilan, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wanita :
·           Idetifikasi masa subur berdasarkan metode ovulasi yang sesuai untuk anda. Dapat menggunakan siklus menstruasi, suhu basal tubuh, tes USG, atau fertitest (alat tes kesuburan).
·           Lakukan hubungan intim pada masa subur dan usahakan pada saat ejakulasi sperma tumpah di dalam vagina. Hal ini supaya proses pembuahan bisa terjadi dan diharapkan bisa menghasilkan kehamilan.
·           Hindari perjalanan jauh dan melelahkan yang mengakibatkan kelelahan fisik.





·           Usahakan berat badan tetap ideal, tidak terlalu geuk atau terlalu kurus.
·           Tidak langsung mecuci vagina setelah melakuka hubungan intim, sebaiknya di beri tenggang waktu sekitar 30 menit sebelum di cuci.
·           Menjaga dengan baik kebugaran tubuh dan kebersihan organ reproduksi.
·           Lakukan konsultasi dengan dokter yang terkait dengan masalah kesuburan dan kehamilan, terutama bagi wanita dengan usia rawan untuk hamil, yang pernah keguguran, pernah operasi di bagian perut, atau pernah abortus atau keguguran.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pria
Bagi seorang pria, membuat seorang istri menjadi hamil adalah suatu kebanggaan tersendiri. Namun, belum tentu keinginan tersebut bisa terealisasi. Ada beberapa faktor tak terduga yang bisa memengaruhi keberhasilan pembuaha, walaupun mereka dinyatakan sehat dan subur secara medis. Meskipun berdasarkan tes medis suami dan istri dinyatakan subur, tetapi kehamilan tidak juga kunjung tiba.
Peran suami dalam proses pembuahan tidak sekadar menghasilkan sperma dan menumpahkannya ke dalam rahim istri. Namun, kualitas sperma yang dihasilkannya harus normal dan sehat sehingga mampu berenang dalam pembuluh sel telur atau tuba fallopii untuk bertembu sel telur.
Agar pria mampu membuahi sel telur wanita dan menghasilkan kehamilan, maka perlu memperhatikan bagaimana cara meningkatkan kesuburan pria.
·           Suhu testis sejuk. Untuk memproduksi sperma sehat dibutuhkan suhu testis yang lebih dingin daripada suhu normal. Inilah alasan mengapa buah zakar diciptakan menggantung di luar tubuh. Untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas sperma, hindari  mandi uap, sauna (berendam di air panas), atau berjemur pada siang hari.
·           Tidak merokok. Karena rokok dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan dan disfungsi ereksi pada pria. Spera pria merokok yang menghabiskan 1 atau 2 bungkus rokok per hari dapat menyebabkan masalah pernafasan pada bayi anda.
·           Menjalani hidup sehat, istirahat cukup, dan minimalkan stress. Pola hidup sehat, makan cukupm tidur teratur, dan menghindari stress akan membantu meningkatkan produksi hormone yang memengaruhi perkembangan sperma dan produksi testosterone pada testis.
·           Hindari alkohol dan NAPZA. Konsumsi alkohol dapat memberikan dampak buruk terhadap kualitas dan kuantitas sperma, mengurangi produksi testosterone, serta dapat menimbulkan disfungsi ereksi. Penggunaak NAPZA akan mengurangi jumlah dan kemampuan gerakan sperma serta menambah jumlah sperma yang abnormal. Selain itu, menjadi penyebab disfungsi ereksi dan hilangnya libido.
·           Hindari materi beracun. Bahan yang dimaksud seperti peptisida, cat, pernis kayu, racun rayap, lem dan logam berat. Hindari kontak langsung atau menghirupnya karena bisa mengurangi produksi sperma bahkan mungkin bisa membunuh sperma.
·           Hindari radiasi sinar-X. sinar  X bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesuburan seorang pria. Radiasi sinar X di atas ambang batas akumulasi dari radiasi sinar X yang terus-menerus bisa menyebabkan turunnya kesuburan sperma bahkan bisa menyebabkan kemandulan permanen pada seorang pria. Dampak dari radiasi sinar X bisa dirasakan oleh mereka yang bekerja di lingkungan yang menggunakan mesin sinar X. umumnya mereka sulit bahkan tidak bisa punya keturunan. Karena itu, hindari bekerja pada mesin sinar X yang mempunyai tingkat radiasi tinggi atau yang bocor.
·           Konsultasi dengan dokter. Beberapa resep obat yang di pakai untuk pengobatan suatu penyakit terkadang mempunyai efek sampingan yang bisa memperlambat produksi sperma. Untuk amannya lakukan konsultasi dengan dokter sebelum menerima resep obat. Kemoterapi atau terapi radiasi juga dapat menyebabkan ketidaksuburan temporer atau permanen. Bila anda harus menjalani prosedur pengobatan ini, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga bisa diperoleh jalan keluar yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...