Jumat, 12 April 2013

OVULASI

http://motherhow.com/ovulation/


         Pada wanita yang mempunyai siklus seksual normal 28 hari, sesudah terjadinya menstruasi, tidak berapa lama sebelum ovulasi dinding luar folikel yang menonjol akan membengkak dengan cepat dan daerah kecil bagian tengah kapsul yang disebut stigma akan menonjol seperti putting. Dalam waktu 30 menit kemudian cairan mulai mengalir dari folikel melalui stigma sekitar dua menit kemudian folikel menjadi lebih kecil karena kehilangan cairannya.
            Stigma akan robek cukup besar dan cairan yang lebih kental yang terdapat di bagian tengah folikel mengalami evaginasi keluar dan ke dalam abdomen. Cairan kental ini membawa ovum yang dikelilingi oleh beberapa ratus sel granulosa kecil yang disebut korona radiate. Luteinizing hormone diperlukan untuk pertumbuhan akhir folikel dan ovulasi. Kecepatan sekresi LH menimbulkan kelenjar hipofise anterior meningkat dengan cepat. FSH juga meningkat kira-kira 2-3 kali lipat pada saat bersamaan.
            Permulaan ovulasi menunjukkan LH dalam jumlah yang besar yang menyebabkan sekresi hormone steroid folikular. Dibutuhkan dua peristiwa untuk berlangsungnya ovulasi:
a.   Kapsul folikel mulai melepaskan enzim proteolitik dari lisozim yang mengakibatkan pelarutan dinding kapsul, mengakibatkan membengkaknya seluruh folikel, dan degenerasi dari stigma.
b.      Terjadi pertumbnuhan pembuluh darah baru yang berlangsung cepat ke dalam dinding folikel.
Kedua efek ini selanjutnya akan mengakibatkan transudasi plasma ke dalam folikel yang berperan pada pembengkakan folikel. Akhirnya pembengkakan dan degenerasi stigma mengakibatkan pecahnya folikel disertai dengan pengeluaran ovum.


Referensi :
Syaifudin. 2006. Anatomi Fisiologi Untuk Mahasiswa Keperawatan. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...