Senin, 15 April 2013

PERKEMBANGAN JANIN



https://simomot.com/2014/08/13/cara-mengetahui-perkembangan-janin-usia-1-4-minggu/

Hasil konsepsi terpendam dalam endometrium uterus, mendapat makanan dari darah ibu, selama 10 minggu organ-organ terbentuk. Embrio terbungkus dalam dua membran sebelah dalam amnion dan sebelah luar korion yang merupakan kantung yang berisi cairan melindungi fetus agar bergerak bebas dan tumbuh secara seimbang. Selama perkembangan 8 minggu pertama, terbentuk plasenta sehingga fetus akan terikat oleh tali pusat.
            Peredaran darah yang terjadi pada janin yang masih dalam kandungan, agak berlainan dengan peredaran darah bayi yang telah dilahirkan atau orang dewasa. Keistimewaan peredaran darah janin dalam kandungan, yaitu oksigen dan zat makanan yang diperlukan diambil dari darah ibu. Hal ini mungkin dikarenakan adanya:
1.      Foramen ovale. Lubang antara antrium dekstra dan atrium sinistra, lubang ini akan tertutup sesudah bayi dilahirkan.
2.      Duktus arteriosus botali. Pembuluh darah yang menghubungkan arteri pulmonalis dengan aorta.
3.      Duktus venosus. Pembuluh darah yang menghubungkan umbilikalis dengan vena kava inferior.
4.   Plasenta. Jaringan dinding rahim yang banyak mempunyai jonjot yang mengandung banyak pembuluh darah, merupakan tempat pertukaran zat, Karena zat tabf diperlukan diambil dari darah ibu yang tidak berguna dikeluarkan. Terbentuk kira-kira minggu ke-8 kehamilan merupakan bagian konsepsi yang menempel pada endometrium uterus dan terikat kuat sampai bayi lahir.
5.    Vena umbilikalis yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari plasenta ke peredaran darah janin. Darah yang dibawanya banyak mengandung zat makanan dan oksigen.
6.    Arteri umbilikalis yaitu pembuluh darah yang membawa darah janin ke plasenta banyaknya dua buah. Kedua arteri dan vena umbilikalis tersebut terbungkus dalam suatu saluran yang disebut duktus umbilikalis/tali pusat.

Fungsi Plasenta
·         Menyediakan makanan untuk fetus yang diambil dari darah ibu.
·         Bekerja sebagai paru-paru fetus dengan menyediakan oksigen darah fetus (janin dalam kandungan).
·         Menyingkirkan sisa pembakaran dari fetus.
·         Penghalang mikroorganisme penyakit masuk ke dalam fetus.


Predaran darah janin
Dari plasenta melalui vena umbilikalis darah yang dialirkan mengandung oksigen dan zat-zat makanan masuk ke dalam tubuh janin melalui vena kava inferior dan vena porta menuju atrium dekstra. Dari atrium dekstra masuk ke atrium sinistra melalui foramen ovale. Darah dari ventrikel sinistra diedarkan ke seluruh tubuh dan dari ventrikel dekstra melalui arteri pulmonalis menuju paru-paru. Karena paru-paru belum bekerja maka darah arteri pulmonalis tersebut melalui duktus botali masuk ke aorta dan diedarkan ke seluruh tubuh.
        Darah yang telah dipergunakan oleh janin (banyak mengandung sisa-sisa pembakaran/karbon dioksida) diedarkan melalui arteri iliaka interna terus ke arteri umbilikaslis melalui duktus umbilikalis masuk ke plasenta. Vena umbilikalis dan arteri umbilikalis terdapat pada suatu saluran yang disebut duktus umbilikalis (tali pusat).
       Pada waktu bayi lahir, bayi akan segera menangis kuat sambil bernapas, dengan jalan ini diisapnya udara ke paru-paru. Pada saat ini paru-paru mengembang dan terjadilah perubahan yang besar dalam tubuh bayi. Karena paru-paru mengembang seakan-akan menarik darah dari arteri pulmomalis sehingga duktus arteriosus botali tertutup. Darh banyak mengalir ke paru-paru, oksigen yang diisap masuk ke ruang alveoli dan karbon dioksida dikeluarkan.
            Darah dari jaringan paru-paru yang sudah dibersihkan dialirkan ke vena pulmomalis, menyebabkan septum antara atrium dekstra mendapat tekanan yang kuat. Dengan demikian klep yang terdapat pada foramen ovale tertutup. Pada saat tali pusat diikat lalu dipotong, maka hubungan peredaran darah antara bayi dan ibu terputus.


-         gambar sirkulasi predaran darah janin -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Greek Mythology (Curcol Edition*)

Hae, Guys... Did you ever heard about Greek Mythology before? To be honest, I’m never heard it before. Till someone that I follo...